SEKILAS INFO

     » MADIUN GEMAR MEMBACA DAN TERTIB ARSIP 2018      » SEGALA BENTUK LAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN MADIUN GRATIS      » SELANGKAH KE PERPUSTAKAAN SEJUTA PENGETAHUAN      » SELAMAT DATANG DI WEBSITE KANTOR PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN MADIUN
Senin, 05 Juni 2017 - 13:21:25 WIB
Bimtek Petugas Pengelola Perpustakaan

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 116 kali

Keberadaan perpustakaan tidak dapat di pisahkan dari peradapan dan budaya umat manusia. Tinggi rendahnya peradaban dan budaya suatu bangsa dapat dari kondisi perpustakaan.

            Perpustakaan sebagai sistem pengelolaan rekaman gagasan, pemikiran, pengalaman, dan pengetahuan umat manusia, mempunyai fungsi utama melestarikan hasil budaya umat manusia tersebut, khususnya yang berbentuk dokumen karya cetak dan karya rekam lainya. Sasaran dari pelaksanaan fungsi ini adalah terbentuknya masyarakat yang mempunyai budaya membaca dan belajar sepanjang hayat. Disisi lain perpustakaan berfungsi untuk mendukung Sistem Pendidikan Nasional sebagaimana diatur  dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Perpustakaan merupakan pusat sumber informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian dan  kebudayaan. Selain itu, perpustakaan sebagai bagian dari masyarakat dunia ikut serta membangun masyarakat informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi sebagai mana di tuangkan dalam Deklarasi World Summit of Information Society-WSIS, 12 desember 2003.

            Selain keberadaan Perpustakaan Umum Kabupaten Madiun, perpustakaan sekolahpun memiliki peran yang tidak sedikit dalam mewujudkan budaya gemar membaca. Perpustakaan untuk terus bisa memberikan daya tarik dari berbagai segi kepada pengunjung, untuk itulah pemahaman tentangpengelolaan perpustakaan yang  sesuai dengan standar baku menjadi sebuah keharusan. Tanpa pengetahuan di bidang pengelolaan dan pelayanan perpustakaan, maka perpustakaan yang dibangun dengan biaya mahalpun tidak akan ada daya tariknya. Untk itu Bimtek ini diharapkan mampu menjadi sarana untuk membenahi menejemen pengelolaan perpustakaan sekolah yang telah ada. Perpustakaan yang telah baik diharapkan mampu mencapai standart pengelolaan perpustakaan yang baku, sedangkan perpustakaan yang belum optimal pengelolanya mampiu berbenah dan menyesuaikan diri. Kedepan setelah penyelenggaraan perpustakaan dapat terlaksana dengan baik, maka perlu upaya lanjutan agar manfaatnya dapat terus di rasakan oleh anak didik. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Madiun Juga sangat mendukung adanya program “15 menit membaca” sebelum kegiatan belajar mengajar di sekolah di mulai.

            Adapun maksut dan tujuan dilaksanakan bimtek untuk memberi wawasan tentang pengelolaan perpustakaan sekolah modern yang berbasis TIK ( e-book) dan sebagai upaya peningkkatan minat dan budaya baca di lingkup plajar khususnya dan masyarakat Kabupaten Madiun pada Umumnya. Kegiatan Bimtek dilaksanakan pada tanggal 22 s/d 23 Mei 2017 bertempat di Gedung Graha Eka Kapti lantai dua Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun.